Thursday, September 30, 2010

GOOGLE CHROME LAMBAT?

Setelah sekian lama menggunakan Google Chrome dan sudah mendapatkan update secara online berkali-kali, saya baru menyadari bahwa seiring dengan proses development Chrome yang berjalan cepat melalui versi-versi baru yang selalu muncul, Chrome berjalan semakin lambat di laptop saya. Apalagi kalau saya sudah mulai "iseng" dengan menginstall banyak ekstensi atau plugin yang kadang kala saya rasa tidak terlalu memerlukannya.

Awal biasanya memang cepat, tetapi ketika sudah berjalan beberapa menit atau kalau kita sudah membuka banyak halaman, maka kelambatan itu mulai terasa. Di beberapa forum saya mendapatkan info bahwa mungkin kelambatan itu disebabkan oleh terlalu banyak plugin yang telah saya install. Saya coba menghilangkan plugin-plugin yang saya rasa tidak diperlukan saat itu, hasilnya tetap saja. Proses Chrome masih sangat menyita sistem.

Akhirnya di satu kesempatan browsing, saya menemukan satu tips yang akhirnya bisa agak mendongkrak kecepatan Chrome, yaitu mematikan DNS prefetching yang biasanya secara default adalah on disetiap instalasi Chrome. Option ini bisa dijumpai dalam Menu Options di bagian "Under The Hood". Setelah mematikan option ini, Chrome mulai berjalan agak cepat dan berkurang tersendat-sendatnya. Saya belum mencoba untuk menelusuri lebih lanjut mengenai hal DNS Prefetching ini dan peranan dalam Chrome, tetapi setidaknya troubleshooting sudah berjalan dan senyum muncul kembali.

2 comments:

  1. Terima kasih untuk posting-an ini, saya akan bookmark dan saya coba! Sukses buat Anda!

    ReplyDelete
  2. hai... saya mempunyai masalah yang sama nih... under the hood itu adanya di bagian mana ya? sama kah dengan clear browsing history? trims

    ReplyDelete